Tuesday 7th of May 2024

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

×

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

--

ASCOMAXX.com – Mitos memang banyak berkembang di Indonesia. Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai mitos-mitos dari Bendungan Sutami yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Wisata Bendungan Sutami Malang, Lokasi Terbaik Untuk Dapat Suasana Sunset Cantik

Baca juga: Sejarah Bendungan Sutami Malang, dari Pembangkit Listrik Tenaga Air Hingga Jadi Tempat Wisata Populer

Baca juga: Bendungan Bili Bili Diresmikan Oleh Presiden Megawati Pada Tahun 1999 dan Masih Eksis Jadi Wisata Masyarakat Hingga Kini

Sekilas Tentang Bendungan Sutami

Bendungan Sutami sering disebut juga Bendungan Karangkates, adalah sebuah bendungan yang dibangun di Sumberpucung, Malang untuk membendung Sungai Brantas. Nama bendungan tersebut diambil dari nama Menteri Pekerjaan Umum yang menjabat mulai tahun 1966 hingga 1978 dengan nama yang sama.

Diketahui jika Bendungan Sutami dikelola oleh Jasa Tirta I, sementara PLTA yang memanfaatkan air yang terbendung oleh bendungan ini dikelola oleh PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Brantas.

Mitos Bendungan Sutami

Di area Bendungan Sutami ini terdapat sebuah pohon beringin rimbun dan tinggi menjulang. Di bawahnya, ada bangunan mirip pendopo kecil di kelilingi tembok setinggi dada orang dewasa. Bangunan tersebut melindungi sebuah Arca Ganesha.

Sumber:

UPDATE TERBARU