Monday 20th of May 2024

Bendungan Bili Bili Diresmikan Oleh Presiden Megawati Pada Tahun 1999 dan Masih Eksis Jadi Wisata Masyarakat Hingga Kini

×

Bendungan Bili Bili Diresmikan Oleh Presiden Megawati Pada Tahun 1999 dan Masih Eksis Jadi Wisata Masyarakat Hingga Kini

--

ASCOMAXX.com - Siapa di sini yang suka healing ke bendungan. Di bawah ini kami sampaikan informasi terkait dengan Bendungan Bili Bili. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja cekidot!

Bendungan Bili Bili terletak 30 Km di sebelah timur Kota Makassar ke arah hulu pertemuan sungai Jeneberang dan sungai Jenelata tersebut, membendung sungai Jeneberang di Desa Bili-bili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.


Bendungan di Bili Bili ini pernah menerima penghargaan sebagai bendungan dengan pengelolaan paling baik ke 3 se Indonesia.

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Bendo Ponorogo, Siap Suplai Irigasi 7.800 Hektar

Baca juga: Spesifikasi Bendungan Bendo, Jadi Sarana Irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Ponorogo

Baca juga: Asal Usul Bendungan Bendo Ponorogo, Diresmikan Oleh Presiden Jokowi dengan Total Anggaran Rp 1,1 Triliun

Bendungan Bili Bili selesai pembangunan pada tahun 1995 yang kemudian diresmikan pada tahun 1999 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Dan setelah diresmikan di tahun 2001 bendungan ini baru beroperasi.

Bendungan Bili-bili dibangun mulai tahun 1992 dengan dana yang bersumber dari loan OECF Jepang sebesar Rp400 miliar. Sarana dan prasarana Bendungan Bili-bili meliputi Bangunan Pengelak Aliran Sungai, Genangan, Bendungan, dan Bangunan Fasilitas seperti kantor pengoperasian bendungan.

Sumber:

UPDATE TERBARU