Sunday 19th of May 2024

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

×

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

--


Berdasarkan beberapa sumber, Arca Ganesha di Bendungan Sutami tersebut adalah salah satu situs bersejarah penginggalan Kerajaan Singasari yang konon dikeramatkan dan punya cerita mistis.

Baca juga: Spoiler Webtoon Desperate to Date Chapter 4, Kim Minsu Temukan Cara Baru Buat Dapat Ayang

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Siap Meluncur Tahun 2023 di Pasaran Indonesia, Mana Incaranmu


Baca juga: Cara Mengikuti Mental Age Test Beserta Linknya Gratis Dalam Bahasa Indonesia

Warga sekitar sering menyebut situs tersebut dengan nama ‘Mbah Gajah’. Pengambilan nama tersebut ternyata merujuk pada sosok Ganesha yang juga dewa dalam kepercayaan Hindu.

Supiati, juru kunci Arca Ganesha Bendungan Sutami menjelaskan bahwa dari cerita turun temurun warga desa, arca di lokasi tersebut awalnya ditemukan oleh Mbah Wono Udo. Setelah ditemukan, kemudian dibersihkan bersama para sesepuh desa lainnya.

Kala itu, para sesepuh desa menggunakan pedati yang ditarik 44 lembu pada siang hari. Anehnya, pada malam harinya Arca Ganesha sudah berada di posisi semula. Padahal rombongan warga yang mengantar masih dalam perjalanan kembali pulang ke desa.

Di sisi lain, ahli sejarah meyakini jika Arca Ganesha tersebut sudah bergeser dari posisi aslinya, meski tapi diperkirakan letaknya tidak terlalu jauh berbeda dengan letak aslinya. Jika arca sekarang menghadap utara, diduga dahulu menghadap ke arah barat daya.

Sumber:

UPDATE TERBARU