Sunday 19th of May 2024

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

×

Mitos Bendungan Sutami Malang, Adanya Arca Ganesha Peninggalan Kerajaan Singasari

--


Arca Ganesha tersbeut secara keseluruhan berasal dari dua batu andesit yang disambung antara tokoh arca dengan lapik (landasan). Arca ini berada dalam posisi berdiri Samabhangga dengan hiasan motif tengkorak berjumlah 9 buah di atas lapik.

Baca juga: Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta, Lengkap dari Luas Hingga Batas Daerah

Baca juga: Profil dan Biodata Adinda Indah, Pemain Voli Cantik Mantan Artis FTV, Lengkap dari Umur, Instagram, Hingga TikTok


Baca juga: Sinopsis Drama Jepang First Love: Hatsukoi (2022), Terinspirasi dari Dua Lagu Cinta Karya Utada Hikaru

Lokasi Arca Ganesha Bendungan Sutami ini yaitu pada pertemuan Sungai Brantas dan Sungai Lahor. Arca tersbeut sengaja ditempatkan di sana karena dianggap punya kekuatan gaib. Tak hanya itu, fungsinya juga sebagai penolak bala dari segala macam gangguan jahat.

Bendungan Sutami sendiri pada masa Jawa kuno disebut-sebut bagian dari ‘pinggir Aksa’, yaitu tembok pembatas antara Janggala-Kadiri. Kawasan yang dilalui tentara Kadiri bergerak dalam senyap saat menyerbu dan menghancurkan Singasari pada 1292 silam.

Nah, itu dia informasi mengenai mitos di Bendungan Sutami yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selalu bijak dalam bertindak dimana pun.

Sumber:

UPDATE TERBARU