Sunday 5th of May 2024

Sejarah Bendungan Sutami Malang, dari Pembangkit Listrik Tenaga Air Hingga Jadi Tempat Wisata Populer

×

Sejarah Bendungan Sutami Malang, dari Pembangkit Listrik Tenaga Air Hingga Jadi Tempat Wisata Populer

--

ASCOMAXX.com – Siapa nih yang kepo sama Bendungan Sutami? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Bendungan Sutami yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Resmi! Adaro (ADRO) Tetapkan Kurs Dividen Interim Rp251,28 per Saham, Berikut Jadwal Pembagiannya

Baca juga: Baca Low Tide in Twilight Full Chapter Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Sinopsis dan Jadwal Rilisnya

Baca juga: Spoiler Manhwa Predatory Bride Chapter 7, Gawat! Hidup Luciana Ditentukan Oleh Kesehatannya Sekarang

Salah satu bendungan yang cukup populer datang dari daerah Malang yaitu Bendungan Sutami. Banyak yang mempertanyakan asal usul dari bendungan tersebut. Lantas, bagaimanakah sejarahnya?

Sekilas Tentang Bendungan Sutami

Bendungan Sutami sering disebut juga Bendungan Karangkates, adalah sebuah bendungan yang dibangun di Sumberpucung, Malang untuk membendung Sungai Brantas. Nama bendungan tersebut diambil dari nama Menteri Pekerjaan Umum yang menjabat mulai tahun 1966 hingga 1978 dengan nama yang sama.

Diketahui jika Bendungan Sutami dikelola oleh Jasa Tirta I, sementara PLTA yang memanfaatkan air yang terbendung oleh bendungan ini dikelola oleh PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Brantas.

Sumber:

UPDATE TERBARU