Wednesday 24th of April 2024

Manfaat Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya, Siap Reduksi Banjir Jawa Barat dan Selesai 2023

×

Manfaat Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya, Siap Reduksi Banjir Jawa Barat dan Selesai 2023

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai manfaat Bendungan Leuwikeris yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya Ditarget Rampung 2023

Baca juga: Fakta Menarik Bendungan Kedung Ombo, Dulunya adalah Lokasi 37 desa yang Dihuni Oleh 5.268 Keluarga

Baca juga: Wisata Bendungan Sermo Kulon Progo: Harga Tiket 2023, Lokasi, Rute, Jam Operasional, dan Fasilitas Wisata

Sekilas Tentang Bendungan Leuwikeris

Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Bidang Sumber Daya Air yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 109 Tahun 2020. Bendungan Leuwikeris sendiri dibangun untuk mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Profil dan Spesifikasi Bendungan Leuwikeris

Sebelumnya, konstruksi Bendungan Leuwikeris sendiri mulai dikerjakan sejak 2016 melalui lima paket pekerjaan. Paket I dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan-PT Bahagia Bangun Nusa (KSO) untuk konstruksi tubuh bendungan utama (main dam), temporary cofferdam, dan fasilitas umum dengan progres fisik 60,74% hingga 22 Maret 2022.

Paket II oleh PT Waskita Karya – PT Adhi Karya (KSO) untuk galian bangunan pelimpah (spillway) dengan progres selesai 100%.

Sumber:

UPDATE TERBARU