Monday 6th of May 2024

Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya Ditarget Rampung 2023

×

Proyek Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya Ditarget Rampung 2023

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai perkembangan pembangunan dari Bendungan Leuwikeris yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Kisah Mistis Bendungan Kedung Ombo yang Dihuni Sosok Buto Berwajah Merah Mengenakan Pakaian Kerajaan

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Bendungan Kedung Ombo, Mulai Dari Main Perahu Sampai Balapan di Lintasan Kuda

Baca juga: Wisata Bendungan Sermo Kulon Progo: Harga Tiket 2023, Lokasi, Rute, Jam Operasional, dan Fasilitas Wisata

Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Bidang Sumber Daya Air yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 109 Tahun 2020. Bendungan Leuwikeris sendiri dibangun untuk mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Dilansir dari berbagai sumber, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis untuk mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menjelaskan bahwa, pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Sumber:

UPDATE TERBARU