Sunday 28th of April 2024

Proses Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, Bakal Jadi Waduk Terbesar di Trenggalek

×

Proses Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, Bakal Jadi Waduk Terbesar di Trenggalek

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: 3 Bendungan di Trenggalek, Untuk Pemanfaatan Irigasi dan Cegah Banjir

Baca juga: Manfaat Pembangunan Bendungan Leuwikeris Tasikmalaya, Siap Reduksi Banjir Jawa Barat dan Selesai 2023

Baca juga: Sejarah Bendungan Kedung Ombo, Pembangunannya Makan Biaya Fantastis Bikin indonesia Menerima Suntikan Dana Bank Dunia

Sekilas Tentang Bendungan Bagong Trenggalek

Bendungan Bagong terletak di Desa Sumurup dan Sengon yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kabupaten Trenggalek. Sumber air bendungan tersebut berasal dari Sungai Bagong dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 39,95 km persegi.

Bendungan Bagong dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dengan tujuan utama untuk pengembangan dan peningkatan Daerah Irigasi (DI) di Trenggalek seluas 1.021 hektare.

Berdasarkan data Pemkab Trenggalek pada 2015 lalu, Kabupaten Trenggalek memiliki luas wilayah 126.140 hektare dengan areal persawahan seluas 12.160 hektare, tanah kering 39.514 hektare, dan perkebunan 2.536 hektare, di mana komoditas unggulannya seperti padi dan palawija yang membutuhkan sumber air irigasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU