Monday 6th of May 2024

Fakta Menarik Bendungan Kedung Ombo, Dulunya adalah Lokasi 37 desa yang Dihuni Oleh 5.268 Keluarga

×

Fakta Menarik Bendungan Kedung Ombo, Dulunya adalah Lokasi 37 desa yang Dihuni Oleh 5.268 Keluarga

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel kali ini kami sampaikan informasi terkait dengan fakta menarik dari pembangunan Bendungan Kedung Ombo, simak selengkapnya di sini. Biar tak ketinggalan informasinya, mari baca sampai usai, ya.

Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan terbesar yang pernah dibangun dan memiliki wilayah yang asri. Pembangunannya dimulai pada tahun 1980 oleh pemerintah dan rampung pada tahun 1991.


Baca juga: Fakta Kasus Kiai Jember yang Diduga Lakukan Pelecehan Pada Santriwati, Kini Minta Pemeriksaan Ditunda

Baca juga: 4 Fakta Video Lamaran Massal di Pesantren Ciamis, Jawa Barat yang Viral di TikTok dan Twitter

Baca juga: Disebut Dunia Yang Hilang, 7 Fakta Pulau Socrota yang Jadi Lokasi Paling Terisolir di Muka Bumi Ini Bikin Merinding

Proses penyelesainnya cukup lama, yakni memakan sekitar 11 tahun, namun sudah mulai digenangi air sejak tanggal 14 Januari 1989.

Kala itu Indonesia mendapatkan suntikan dana dari berbagai investor di antaranya USD 156 juta dari Bank Dunia, USD 25.2 dari Bank Exim Jepang, dan juga APBN Indonesia.

Fakta Menarik Bendungan Kedung Ombo

1. Kasus Kedung Ombo

Untuk membangun fasilitas ini sekitar 37 desa yang dinaungi oleh 5.268 keluarga kehilangan tanahnya demi pembangunan waduk ini. Hingga terjadi peristiwa penolakan penggusuran dan pemindahan lokasi pemukiman karena jumlah ganti rugi yang diberikan terbilang kecil.

Sumber:

UPDATE TERBARU