Thursday 2nd of May 2024

Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram, Begini Penjelasan Ulama dan Hadist Rasulullah SAW

×

Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram, Begini Penjelasan Ulama dan Hadist Rasulullah SAW

--

Kenapa Bulan Rajab Disebut Bulan Haram

Menurut keterangan Hj Udji Asiyah dalam buku "Dakwah Kreatif: Muharram, Maulid Nabi, Rajab dan Sya'ban" menulis, disebut bulan-bulan haram karena peperangan diharamkan pada bulan-bulan tersebut.

Tak hanya itu, penjelasan terkait hal tersebut dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 217, yang artinya:


"Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah: 'Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidil Haram dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) di sisi Allah. Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh."

Rajab termasuk satu di antara bulan Haram tersebut. Bulan haram memiliki kehormatan yang agung. Kebaikan di bulan tersebut pahalanya lebih besar. Begitu juga berbuat keburukan di bulan tersebut juga dosanya lebih besar.

Baca juga: Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam Adalah? Berikut Ketentuan yang Harus Diperhatikan!

Baca juga: Mengenal Kerajaan Demak, Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa dan Masa Kejaayaannya

Baca juga: 7 Nilai Kehidupan Dalam Serial Umar bin Khattab (Omar), Umat Islam Harus Nonton Kisahnya

Bulan haram telah ditetapkan, yaitu ada empat bulan sebagaimana yang telah disebutkan. Maka dilarang untuk menunda atau mengganti bulan haram itu. Rasulullah SAW bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan dan di antaranya ada empat bulan yang suci. Tiga berturut-turut, yaitu Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Muharram. Sedangkan keempatnya adalah bulan Rajab Muḍar antara Jumada dan Sya'ban..."

Itulah pembahasan mengenai alasan Bulan Rajab kerap disebut dengan bulan haram. Semoga artikel kali ini bsia menjawab pertanyaan dan menambah wawasanmu. 

Sumber:

UPDATE TERBARU