Wednesday 15th of May 2024

Mengenal Kerajaan Demak, Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa dan Masa Kejaayaannya

×

Mengenal Kerajaan Demak, Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa dan Masa Kejaayaannya

--

ASCOMAXX.com – Ingin tau kesultanan Islam pertama di pulau Jawa? Nah, berikut ini adalah informasi mengenai Kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak keanekaragaman. Sejarahnya sendiri tidak bisa lepas dari adanya beberapa Kesultanan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.


Baca juga: Daftar Kerajaan Islam di Pulau Jawa dan Sejarah Masuknya Islam ke Nusantara

Baca juga: Sinopsis Film Direnis Karatay (2018) Politik Era Kerajaan Turki yang penuh intrik Seru dan Menegangkan

Baca juga: Kerajaan Bercorak Hindu-Budha yang Berlokasi di Pulau Sumatera Adalah?

Periode Kesultanan di Indonesia bisa terjadi dikarenakan pada saat itu di Indonesia berkembang karena adanya jalur maritim yang memudahkan negara lain untuk singgah. Salah satu periode Kesultanan yang harus kamu ketahui adalah Kesultanan Islam.

Islam di Indonesia sendiri dapat menyebar melalui jalur perdagangan, termasuk saat memasuki pulau Jawa. Lantas, Kesultanan Islam manakah yang pertama kali berdiri di Pulau Jawa?

Kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa

Kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa adalah Kesultanan Demak. Kesultanan tersebut berdiri di Pulau Jawa pada akhir abad ke-15. Raja pertama Kesultanan Demak yaitu Raden Patah yang bergelar Sultan Alam Akbar Al Patah, seorang keturunan Raja Majapahit. Raden Patah berkuasa atas Kesultanan Demak sejak 1478 hingga 1518.

Sumber:

UPDATE TERBARU