Tuesday 14th of May 2024

Usulkan Wilayah Baru, Bupati Hingga Warga Deklarasikan Provinsi Papua Nemangkawi dengan Ibu Kota Timika

×

Usulkan Wilayah Baru, Bupati Hingga Warga Deklarasikan Provinsi Papua Nemangkawi dengan Ibu Kota Timika

--

ASCOMAXX.com - Bupati, DPRD, Hingga masyarakat melakukan deklarasi untuk usulkan wilayah baru yaitu Provinsi Papua Nemangkawi  yang nantinya ibu kota akan terletak di Timika. Berikut ini adalah beberapa poin deklarasi yang disampaikan.

Bupati Mimika, Dr. Eltinus Omaleng, SE, MH, bersama pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, serta tokoh masyarakat suku Amungme dan Kamoro, secara resmi mengumumkan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Nemangkawi.


Dilansir dari situs web resmi Kabupaten Mimika, selain mengusulkan pendirian DOB baru Provinsi Papua Nemangkawi, perwakilan dari Mimika juga mengusulkan pemekaran Kotamadya Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat.

Provinsi Papua Nemangkawi, yang akan memiliki ibukota di Timika, akan terdiri dari Kota Timika, Kabupaten Mimika Timur, Kabupaten Mimika Barat, dan Kabupaten Mimika.

Baca juga: Fakta Unik Pulau Kalimantan yang Dibagi Untuk 3 Negara, Bakal Jadi Daerah Pemekaran Dengan 6 Provinsi Baru

Baca juga: Cocok Buat Healing! Cek 5 Rekomendasi Wisata di Papua Selatan Taget Pemekaran Wilayah yang Sajikan Bentang Alam Super Cantik

Baca juga: Eksotis! Rekomendasi Destinasi Wisata di Agam Tuo, Calon Kabupaten Baru Rencana Pemekaran Sumatera Barat

Deklarasi ini berlangsung di Jakarta pada tanggal 2 November 2023 dan ditandai dengan penyampaian Kesepakatan Bersama kepada Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Valentinus Sudarjanto Sumito.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme, Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan, SE, serta Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Dominggus Robert H. Mayaut.

Pengusulan pembentukan DOB baru dan pemekaran daerah merupakan hasil aspirasi dari tokoh masyarakat suku Amungme dan Kamoro yang telah disepakati oleh DPRD Mimika.

Ada lima poin kesepakatan yang diumumkan bersama:

Pertama, mereka sepenuhnya mendukung pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi dengan ibukota di Timika.

Kedua, mendukung sepenuhnya pembentukan Kota Timika di Timika.

Ketiga, mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Barat dengan ibukota di Kapiraya.

Keempat, mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Mimika Timur dengan ibukota di Agimuga.

Kelima, dengan ditandatanganinya berita acara kesepakatan bersama ini, Provinsi Papua Nemangkawi, Kota Timika, Kabupaten Mimika Timur, dan Kabupaten Mimika Barat secara resmi dideklarasikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU