Wednesday 17th of April 2024

Eksotis! Rekomendasi Destinasi Wisata di Agam Tuo, Calon Kabupaten Baru Rencana Pemekaran Sumatera Barat

×

Eksotis! Rekomendasi Destinasi Wisata di Agam Tuo, Calon Kabupaten Baru Rencana Pemekaran Sumatera Barat

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai rekomendasi destinasi wisata di Kabupaten Agam Tuo yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dari kabar terbarunya, pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat sedang mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan.


Baca juga: Cocok Buat Healing! Cek 5 Rekomendasi Wisata di Papua Selatan Taget Pemekaran Wilayah yang Sajikan Bentang Alam Super Cantik

Baca juga: Menakjubkan! Menggali Keindahan dan Potensi Wisata di Papua Selatan, Segera Diusulkan Pemekaran Wilayah?

Baca juga: Wisata Kampung Kajoetangan Heritage Malang : Lokasi, Harga, dan Jam Operasional

Rencananya, Kabupaten Agam akan memekarkan diri menjadi sebuah kabupaten baru yang diberi nama "Kabupaten Agam Tuo." Wilayahnya diproyeksikan hanya mencakup luas 648 kilometer persegi, sekitar 20 persen dari luas wilayah Kabupaten Agam yang mencapai 2.265 kilometer persegi.

Jumlah tersebut hanya sekitar seperlima dari total wilayah Kabupaten Agam saat ini, yakni 2.265 kilometer persegi. Luas Wilayah Kabupaten Agam Tuo juga akan menjadi kabupaten terkecil di Sumbar.

Berbanding terbalik dengan luas wilayahnya, Kabupaten Agam Tuo akan memiliki jumlah penduduk sebanyak 290.448 jiwa. Jumlah ini bahkan mencapai 55 persen dari total penduduk Kabupaten Agam saat ini yang lebih dari 525 ribu jiwa.

Sumber:

UPDATE TERBARU