Monday 6th of May 2024

Fakta Unik Pulau Kalimantan yang Dibagi Untuk 3 Negara, Bakal Jadi Daerah Pemekaran Dengan 6 Provinsi Baru

×

Fakta Unik Pulau Kalimantan yang Dibagi Untuk 3 Negara, Bakal Jadi Daerah Pemekaran Dengan 6 Provinsi Baru

--

ASCOMAXX.com – Usulan pemekaran beberapa provinsi baru di pulau Kalimantan ini membuat banyak orang antusias. Sebelum itu mari simak update mengenai Fakta Unik Pulau Kalimantan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar kamu tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.


Negara ini memiliki perairan dengan luas 3.257.483 km2 dengan pulau sebanyak 17.504 yang mana 6000 pulaunya tidak berpenghuni. Letak geografis Indonesia membuat negara ini mempunyai 3 waktu yang berbeda dan budaya yang beragam.

Baca juga: Link Baca Manhwa BL Love and Roll Full Chapter Bahasa Indonesia, Petualangan Cinta Dokhee Bareng Artis Tampan

Baca juga: Eksotis! Rekomendasi Destinasi Wisata di Agam Tuo, Calon Kabupaten Baru Rencana Pemekaran Sumatera Barat

Baca juga: Segini Ternyata Biaya Konstruksi Pembangunan Tol Jogja - Bawen, Kabarnya Sudah Bisa Beroperasi 2024 Mendatang!

Walaupun pemekaran wilayah membawa banyak peluang, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan ekologi dan melindungi keanekaragaman hayati Kalimantan. 

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik merata di seluruh wilayah baru ini. Jadi, pemekaran wilayah di Provinsi Kalimantan membawa peluang besar bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat setempat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU