Monday 20th of May 2024

10+ Makanan Pokok Khas Jawa Barat, Nyesel Banget Kalau Nggak Cobain!

×

10+ Makanan Pokok Khas Jawa Barat, Nyesel Banget Kalau Nggak Cobain!

--


8. Rujak Kangkung

Makanan khas Jawa Barat ini memang terasa nikmat sekali, apalagi bagi para pecinta kangkung. Kelebihan dari penggunaan kangkung adalah untuk mendapatkannya yang lebih mudah, dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa.

Baca juga: Profil Bendungan Lahor Malang, Beroperasi Sejak November 1977 dan Menjadi Tempat Wisata Kuliner Favorit


Baca juga: Lokasi Alun-Alun Kediri, Jadi Tempat Wisata dalam Kota yang Populer dan Penuh dengan Kuliner

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Magetan Terpopuler, Kulineran Makin Nikmat dengan Harga Hemat

9. Nasi Lengko

Kuliner ini merupakan perpaduan antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih.

10. Nasi Jamblang Daun Jati

Dalam satu porsinya, nasi jamblang memang hanya menyediakan sedikit nasi, namun akan ditumpuk dengan puluhan lauk, sehingga membuatnya lebih bervariasi. Apalagi pembungkusannya yang menggunakan daun jati, maka bisa menciptakan aroma dan rasa khas kepada nasi.

11. Lepet Kuningan

Ciri khas dari kuliner ini terletak pada warnanya yang kecokelatan, berbeda dengan lepet lain yang agak menguning. Seperti kebanyakan lepet, lepet asal Kota Udang ini juga dibuat menggunakan ketan putih dan dibungkus dengan media daun kelapa.

12. Mie Kocok

Popularitas masakan dengan bahan utama mie telur ini jangan diragukan lagi bila di Jawa Barat, khususnya Bandung. Dalam satu porsi mie kocok sendiri, bisa diisi dengan mie telur, sawi, tauge, dan daun bawang, namun karena semakin banyak peminatnya, isian seperti daging dan bakso juga masuk ke dalam mangkuknya.

Sumber:

UPDATE TERBARU