Monday 20th of May 2024

10+ Makanan Pokok Khas Jawa Barat, Nyesel Banget Kalau Nggak Cobain!

×

10+ Makanan Pokok Khas Jawa Barat, Nyesel Banget Kalau Nggak Cobain!

--


2. Karedok

Sebetulnya, karedok memiliki sedikit kesamaan dengan makanan Jawa Barat bernama lotek. Kuliner ini dikenal memiliki ciri khas yaitu sayurannya yang masih mentah. Sayuran tersebut dikonsumsi bersamaan dengan nasi atau lontong yang sudah dicampur dengan bumbu kacang.

Baca juga: Download Kawaii Craft Crafting 2023 APK Unlimited Money, Game Ala Minecraft yang Lebih Imut


Baca juga: Profil dan Biodata Adinda Indah, Pemain Voli Cantik Mantan Artis FTV, Lengkap dari Umur, Instagram, Hingga TikTok

Baca juga: Sinopsis Brain Works (2023) Lengkap Dengan Daftar Pemeran, Jadwal Rilis dan Link Nontonnya

3. Empal gentong

Empal sendiri nyatanya berasal dari Jawa Barat yang berasal dari daging, usus, serta babat sapi. Di Jawa Barat, empal gentong akan dimasak atau direbus yang kemudian diletakkan di atas mangkok. Lalu, mangkok tersebut diisi dengan nasi yang dilumuri santan.

4. Sate maranggi

Umumnya, sate maranggi memiliki ragam varian, seperti sate ayam, sate kambing, sate jamur, sate usus, dan lain sebagainya. Ciri khasnya yaitu cara penyajiannya yang menusukkan daging tersebut ke dalam lidi. Lalu, lidi tersebut dibakar di atas bara api.

5. Tapai Ketan

Pembuatan tapai ketan ini, menggunakan bahan dasar beras ketan, entah itu ketan hitam maupun putih, namun kebanyakan memakai yang ketan putih. Selain itu, olahan tapai yang dibuat dari ketan putih kerap diwarnai dengan daun katuk agar memiliki warna hijau alami.

7. Tahu Kuningan

Normalnya, tahu akan dibuat dengan biji kedelai dengan proses fermentasi untuk bisa mendapatkan olahan tahu yang sempurna. Proses tersebut juga terjadi pada pembuatan tahu Kuningan, bedanya dengan tahu normal adalah bentuknya yang lebih padat dengan rasa gurih.

Sumber:

UPDATE TERBARU