Monday 29th of April 2024

Gejala Penyakit Flu Burung dan Cara Penularannya yang Perlu Diwaspadai

×

Gejala Penyakit Flu Burung dan Cara Penularannya yang Perlu Diwaspadai

--

ASCOMAXX.com - Kasus baru flu burung yang menginfeksi dua orang di Kamboja membuat banyak orang semakin khawatir akan hal tersebut. Bagaimana tidak, penyakit yang disebarkan melalui unggas tersebut tingkat keparahannya dapat menyebabkan kematian. Berikut ciri-ciri penyakit fku burung dan cara penyebarannya.

Baru-baru ini kasus flu burung kembali ditemukan di Kamboja yang menimbulkan kekhawatiran bahwa itu disebabkan oleh jenis baru H5N1, clade 2.3.4.4b, yang muncul pada tahun 2020 dan telah menyebabkan rekor jumlah kematian di antara burung liar dan unggas peliharaan dalam beberapa bulan terakhir.


Prof Tjandra Yoga Aditama yang merupakan Direktur Pascasarjana Universitas YARSI, mengatakan jika penemuan kasus pertama yaitu pada anak berusia 11 tahun, yang gejala dan perburukannya sangat cepat sekali, sama seperti kasus Flu Burung di Indonesia yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Prof Tjandra juga melaporkan pasien tersebut mulai bergejala 16 Februari 2023, lalu diobati di fasilitas rumah sakit setempat, hingga terdiagnosa pneumonia berat per 21 Februari 2023. Hingga kemudian pasien menjalani perawatan intensif di National Pediatric Hospital, tapi dinyatakan meninggal pada 22 Februari 2023.

 
 

Penyakit Flu Burung

Penyakit flu burung sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang semua jenis unggas domestik termasuk ayam, bebek dan burung yang menyebabkan tingkat kematian yang sangat tinggi.

Terdapat beberapa jenis virus flu burung yang bisa menginfeksi manusia, yaitu H5N1, H5N6, H5N8, dan H7N9. Selain itu, terdapat penularan virus flu burung jenis baru, yaitu jenis H10N3. Unggas yang terinfeksi flu burung akan mengeluarkan virus melalui air liur, lendir, dan kotorannya.

Sumber:

UPDATE TERBARU