Wednesday 24th of April 2024

Kronologi Kasus Flu Burung di Kamboja Terkuak, Ungkapkan 1 Tewas dan 1 Tanpa Gejala

×

Kronologi Kasus Flu Burung di Kamboja Terkuak, Ungkapkan 1 Tewas dan 1 Tanpa Gejala

--

ASCOMAXX.com - Kasus baru flu burung yang menginfeksi dua orang di Kamboja membuat banyak orang semakin khawatir akan hal tersebut. WHO dalam laporannya mengungkapkan penyebab kasus tersebut. Kini, dalam 2 kasus yang suspek 1 dinyatakan meninggal dunia dan 1 tanpa gejala.

Baru-baru ini kasus flu burung kembali ditemukan di Kamboja yang menimbulkan kekhawatiran bahwa itu disebabkan oleh jenis baru H5N1, clade 2.3.4.4b, yang muncul pada tahun 2020 dan telah menyebabkan rekor jumlah kematian di antara burung liar dan unggas peliharaan dalam beberapa bulan terakhir.


Prof Tjandra Yoga Aditama yang merupakan Direktur Pascasarjana Universitas YARSI, mengatakan jika penemuan kasus pertama yaitu pada anak berusia 11 tahun, yang gejala dan perburukannya sangat cepat sekali, sama seperti kasus Flu Burung di Indonesia yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Pelajar Malaysia Hina Singapura Viral TikTok: Anda Pikir Saya Peduli Dengan Singapura?

Baca juga: Video Viral David Latumahina Dihajar Anak Pejabat Pajak Jaksel Mario Dandy Satrio Sampai Koma

Baca juga: Sudah Rilis! Skin MLBB X Jujutsu Kaisen 2023 Kenalkan 4 Hero Barunya, Siapa Saja Mereka?

Prof Tjandra juga melaporkan pasien tersebut mulai bergejala 16 Februari 2023, lalu diobati di fasilitas rumah sakit setempat, hingga terdiagnosa pneumonia berat per 21 Februari 2023. Hingga kemudian pasien menjalani perawatan intensif di National Pediatric Hospital, tapi dinyatakan meninggal pada 22 Februari 2023.

Informasi dari motormagz.com, Direktur Pascasarjana Universitas YARSI tersebut juga mengemukakan kasus Flu Burung di Kamboja, masuk dalam daftar Disease Outbreak News (DONs) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 26 Februari 2023.

Sumber:

UPDATE TERBARU