Sunday 19th of May 2024

Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau, Ternyata di Awal Kemerdekaan Cuma Terdiri Dari 1 Provinsi

×

Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau, Ternyata di Awal Kemerdekaan Cuma Terdiri Dari 1 Provinsi

--

Indonesia terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.

Kalimantan letaknya di tengah-tengah Indonesia sehingga layak dicalonkan sebagai lokasi ibu kota Indonesia masa depan. Wilayahnya pun dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya:

  • Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak
  • Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya
  • Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarbaru
  • Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda
  • Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor

Baca juga: Simpan Pesona Alam Surgawi! Provinsi Papua Selatan Rencanakan Pemekaran Wilayah Guna Buka Potensi Wisata Bali Baru

Baca juga: Warga Antusias! Inilah 9 Kabupaten Provinsi Papua Tengah yang Alami Pemekaran Wilayah, Harapan Untuk Tingkatkan Ekonomi

Baca juga: Segera Realisasi? Pemekaran Wilayah Provinsi Papua Tengah Dapat Dukungan Penuh, Antusias Masyarakat Munculkan Harapan Baru

Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau

Berikut ini adalah daftar 6 provinsi baru Kalimantan yang sedang dicanangkan: 

  1. Provinsi Sambas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota. Meliputi Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas. Kota Sambas dan Kabupaten Sambas Utara, dimana dua daerah ini merupakan calon daerah otonomi baru. Rencananya ibukota berada di kota Sambas.

  1. Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat. Kapuas Raya terdiri dari 5 Kabupaten pertama Kabupaten Sanggau, kedua Kabupaten Sekadau. Selanjutnya Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Rencana ibukota Provinsi Kapuas Raya berada di Sintang.

  1. Provinsi Tanjung Pura

Provinsi Tanjung Pura juga masih pemekaran dari Kalimantan Barat. Untuk administrasinya Terdiri dari 5 Kabupaten, meliputi Kabupaten Kayong Utara. Serta 4 calon Kabupaten baru Hulu Aik Kabupaten tumbang titik, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Jelai kendawangan Raya. Rencananya ibukota berada di kota Ketapang, yang merupakan calon daerah otonomi baru.

  1. Provinsi Kotawaringin

Wilayah administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau. Ada lagi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin ini akan ditempatkan di Seruyan.

  1. Provinsi Barito Raya

Rencana ibukotanya berada di Muara Teweh Barito Utara. Provinsi Barito Raya administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Murung Raya, kabupaten Barito Utara. Tak hanya itu, ada Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito timur dan kabupaten Barito Kuala.

  1. Provinsi Kalimantan Tenggara

Provinsi Kalimantan Tenggara wilayah pemekaran dari sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan timur. Wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Tenggara terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bagaimana menarik bukan? Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan update berita terbaru melalui Ascomaxx.com!

Sumber:

UPDATE TERBARU