Monday 6th of May 2024

Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau, Ternyata di Awal Kemerdekaan Cuma Terdiri Dari 1 Provinsi

×

Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau, Ternyata di Awal Kemerdekaan Cuma Terdiri Dari 1 Provinsi

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai Pemekaran Pulau Kalimantan Dapat Lampu Hijau. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar kamu tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Terbaru, terdapat beberapa usulan wacana pembentukan Provinsi yang belum terealisasi sampai saat ini. Kotawaringin Raya diusulkan sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Pulau Kalimantan. Selain itu, Barito Raya juga layak dimekarkan sebagai provinsi baru.


Baca juga: Segera Realisasi? Pemekaran Wilayah Provinsi Papua Tengah Dapat Dukungan Penuh, Antusias Masyarakat Munculkan Harapan Baru

Baca juga: Warga Antusias! Inilah 9 Kabupaten Provinsi Papua Tengah yang Alami Pemekaran Wilayah, Harapan Untuk Tingkatkan Ekonomi

Baca juga: Menakjubkan! Menggali Keindahan dan Potensi Wisata di Papua Selatan, Segera Diusulkan Pemekaran Wilayah?

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyebut pemekaran wilayah adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Walaupun pemekaran wilayah membawa banyak peluang, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan ekologi dan melindungi keanekaragaman hayati Kalimantan. 

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik merata di seluruh wilayah baru ini. Jadi, pemekaran wilayah di Provinsi Kalimantan membawa peluang besar bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat setempat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU