Wednesday 15th of May 2024

Menakjubkan! Menggali Keindahan dan Potensi Wisata di Papua Selatan, Segera Diusulkan Pemekaran Wilayah?

×

Menakjubkan! Menggali Keindahan dan Potensi Wisata di Papua Selatan, Segera Diusulkan Pemekaran Wilayah?

--

ASCOMAXX.com - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi terkait dengan potensi yang ada di wilayah Papua Selatan, dimana wilayah tersebut saat ini tengah direncanakan untuk dilakukan pemekaran wilayah baru. Langsung saja, simak lengkapnya dibawah ini.

Papua Selatan adalah sebuah provinsi yang baru dibentuk pada tahun 2022 setelah melalui perjuangan panjang. Provinsi ini telah menarik perhatian publik karena keindahan alamnya dan kekayaan budaya yang istimewa.


Sejarah pembentukan Papua Selatan mengalami berbagai tahap sulit. Masyarakat setempat telah berjuang sejak tahun 2002 untuk mendapatkan status provinsi tersendiri.

Baca juga: Warga Antusias! Inilah 9 Kabupaten Provinsi Papua Tengah yang Alami Pemekaran Wilayah, Harapan Untuk Tingkatkan Ekonomi

Baca juga: Wapres Tanggapi Usulan Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Ma'ruf Amin: Saat Ini Masih Moratorium Pemekaran Daerah

Baca juga: DPR Sahkan 3 Undang-Undang Pemekaran Provinsi Papua, Pemda Rencanakan Pemekaran Baru di Papua Barat

Pada tahun 2020, impian ini akhirnya terwujud ketika Presiden Indonesia, Joko Widodo, menandatangani UU Nomor 14 Tahun 2022 yang mengesahkan Papua Selatan sebagai provinsi terpisah.

Keindahan dan Potensi Wisata Papua Selatan

Keindahan alam di Papua Selatan sangat mempesona, terletak di dataran rendah dengan perbatasan langsung Papua Nugini.

Rawa-rawa yang luas dan sungai-sungai seperti Digul dan Maro mencirikan lanskapnya. Mata pencaharian utama penduduk setempat adalah sagu dan ikan, terutama suku-suku seperti Marind, Asmat, Kombay, Koroway, dan Muyu.

Keanekaragaman budaya di Papua Selatan sangat menarik. Suku-suku di sana hidup dalam keragaman budaya, termasuk dalam wilayah adat Anim Ha. Mereka memiliki kepercayaan dan tradisi yang kaya. Penggunaan perahu dayung dan seni ukir kayu, terutama oleh suku Asmat, adalah ciri khas budaya mereka.

Sumber:

UPDATE TERBARU