Wednesday 15th of May 2024

Warga Antusias! Inilah 9 Kabupaten Provinsi Papua Tengah yang Alami Pemekaran Wilayah, Harapan Untuk Tingkatkan Ekonomi

×

Warga Antusias! Inilah 9 Kabupaten Provinsi Papua Tengah yang Alami Pemekaran Wilayah, Harapan Untuk Tingkatkan Ekonomi

--

ASCOMAXX.com - Pada artikel berikut ini kami akan membagikan informasi terkait dengan daftar wilayah kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang alami pemekaran wilayah. Tentunya hal ini mendapat sambutan baik dari masyarakat dan juga warga wilayah tersebut.

Lambang tersebut memiliki bentuk perisai bersudut 5 dan menggunakan warna merah dan putih, yang menggambarkan semangat persatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Lambang ini, dengan judul "Merajut Keberagaman dalam Satu Perisai," adalah sebuah karya seni yang menggabungkan elemen-elemen penting dalam kehidupan masyarakat Papua Tengah. Latar belakang kuning cerah pada lambang tersebut menggambarkan semangat positif, keberagaman, dan kemakmuran.

Dalam kata-kata Gubernur Papua Tengah, Ibu Maria Wijayanti, "Lambang ini adalah cerminan dari keberagaman dan kekayaan budaya serta alam Papua Tengah.

Semoga lambang ini dapat menginspirasi generasi sekarang dan yang akan datang untuk terus membangun provinsi ini dengan semangat persatuan, keberagaman, dan kemakmuran yang tinggi."

Baca juga: Tren Botol Yakult Viral di TikTok, Sebutan Postur Tubuh Kecil Wanita! Samakah dengan Body Shaming?

Baca juga: Pernikahan Anak di Bawah Umur Viral yang Bikin Gempar Indonesia, Paling Muda Umur 10 Tahun dari Madura

Baca juga: Kembali Dicanangkan! Wacana Pemekaran Wilayah Papua Siapkan 7 Daerah yang Ditarget Bawa Pemerataan dan Kemajuan

Selain itu, Provinsi Papua Tengah baru-baru ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2022. Namun, karena luas wilayahnya dan untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan, rencana pemekaran wilayah atau pemekaran kabupaten diusulkan.

Di Provinsi Papua Tengah, rencana pemekaran wilayah telah diusulkan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan pemerintahan. Rencana pemekaran ini akan mempengaruhi beberapa wilayah, termasuk:

1. Lembah Rufaer: Pemekaran ini mencakup Kabupaten Puncak, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Kabupaten Waropen, serta beberapa daerah di dalamnya seperti Dervos, Doufo, Kirihi, Mamberamo Tengah Timur, dan Rufaer. Tujuannya adalah untuk menggali potensi ekonomi dan budaya di wilayah ini.

2. Mapia Raya: Kabupaten Dogiyai juga mengalami pemekaran yang melibatkan wilayah Mapia, Mapia Tengah, Mapia Barat, Sukikai Selatan, dan Piyaiye. Pemekaran ini membuka peluang untuk pengembangan pariwisata ekologis dan promosi kearifan lokal.

3. Mimika Barat: Kabupaten Mimika akan mengalami pemekaran di bagian baratnya, mencakup daerah seperti Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Mimika Tengah, Amar, dan sekitarnya. Wilayah ini memiliki potensi tambang dan pengembangan infrastruktur pendidikan.

4. Mimika Timur: Pemekaran wilayah di Kabupaten Mimika mencakup Mimika Timur Jauh, Agimuga, Jita, Jila, Alama, dan Hoya. Agimuga diharapkan menjadi pusat keberlanjutan dan inovasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU