Sunday 19th of May 2024

Cocok Buat Healing! Cek 5 Rekomendasi Wisata di Papua Selatan Taget Pemekaran Wilayah yang Sajikan Bentang Alam Super Cantik

×

Cocok Buat Healing! Cek 5 Rekomendasi Wisata di Papua Selatan Taget Pemekaran Wilayah yang Sajikan Bentang Alam Super Cantik

--

Pantai di pulau ini berpasir putih yang berhiaskan batu-batu karang. Air yang jernih membuat penunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut saat berenang. Keunikan lainnya di Pulau Habe adalah berdirinya patung Kristus Raja setinggi 29 meter.

2. Pantai Lampu Satu


Pantai Lampu Satu terletak di Kampung Buti, tak begitu jauh dari pusat Kota Merauke. Pantai Lampu Satu merupakan pantai yang berpasir coklat. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati momen matahari terbenam atau sunset yang tak kalah indah dari pantai-pantai lain di Papua.

Kamu bisa menikmati suasana pantai diiringi suara deburan ombak. Pemandangan lain yang akan Anda temukan di sini adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar di tepi pantai dan di tengah laut. Di pesisir pantai wisatawan juga bisa melihat aktivitas pengrajin kapal oleh nelayan.

3. Monumen Kapsul Waktu

Untuk menuju Monumen Kapsul Waktu, wisatawan hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari Bandara Mopah. Monumen ini merupakan tempat menyimpan impian para anak muda di seluruh provinsi di Indonesia. Para anak-anak muda menulis keinginannya dalam 70 tahun depan.

Pengumpulan tulisan impian para anak-anak muda itu dilakukan melalui ekspedisi melintasi 34 provinsi yang dimulai tahun 2015. Monumen yang sering disebut mirip markas Avengers ini ternyata mengadopsi unsur budaya Papua.

Struktur di atas bangunan ini ternyata terinsipirasi dari menara perang Suku Dani. Lima akses masuk bangunan di monumen ini merepresentasikan lima suku asli Merauke. Kelimanya adalah Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu. Di sini wisatawan bisa berfoto di sejumlah spot yang ada di dalam monumen.

Baca juga: Menakjubkan! Menggali Keindahan dan Potensi Wisata di Papua Selatan, Segera Diusulkan Pemekaran Wilayah?

Baca juga: Angker! Mengenang Tragedi Taman Wonderia Semarang, Jadi Wisata Horor yang Terkenal Angker!

Baca juga: Kronologi Pecahnya Jembatan Kaca The Geong Banyumas yang Tewaskan 1 Wisatawan

4. Pantai Onggaya

Pantai Onggaya terletak di selatan kawasan Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke. Pantai Onggaya merupakan pantai berpasir putih kecoklatan dan air laut berwarna tosca.

Di pinggir pantai, terdapat deretan pohon kelapa yang berjejer dan menambah suasana sejuk. Ada juga sejumlah pondok di pinggir pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Kalau datang di sore hari saat cuaca cerah, wisatawan akan bisa menikmati momen matahari ternam atau sunset yang indah.

5. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur terbentang di tiga distrik, yakni Distrik Sota, Naukenjerai, dan Merauke, di Kabupaten Merauke. Di sini, kamu bisa melhat banyak flora dan fauna endemik wilayah Papua Selatan.

Taman Nasional Wasur yang merupakan daerah lahan basah merupakan tempat yang sangat penting untuk burung-burung air di Indonesia, khususnya burung migran dari dan ke Australia dan New Zealand.

Di Taman Nasional Wasur, pengunjung bisa menikmati sejumlah spot wisata seperti kolam Pemandian Biras, Savana Youram, hingga Danau Rawa Biru yang populer.

Jadi, pemekaran wilayah di Provinsi Papua Selatan membawa peluang besar bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat setempat. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaanmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU