Monday 20th of May 2024

Rencana Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Berikut 5 Usulan Wilayah Beserta Ibu Kotanya

×

Rencana Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Berikut 5 Usulan Wilayah Beserta Ibu Kotanya

--

1. Provinsi Kapuas Raya

Provinsi Kapuas Raya akan dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Barat. Wilayahnya mencakup 5 Kabupaten yakni Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ibu kota Provinsi direncanakan akan berada di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.


Baca juga: Nikmatnya Sate Padang dan Kacang Alhamdulilah, Varian Sate Rontok Bikin Sajian Unik Paling Laris!

Baca juga: Link Download Lagu Arab Kalam Eineh - Sherine Abdel Wahab Viral TikTok, Ternyata Artinya Bucin Banget

Baca juga: Jajanan Viral Malaysia! Penjual Salad Buah Siram Cokelat di Jakarta Mampu Raih Omzet Rp 7 Juta, Langsung Balik Modal dalam 4 Hari

2. Provinsi Tanjung Pura

Provinsi Tanjung Pura akan dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Barat. Wilayahnya mencakup Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang. Ibu kota Provinsi direncanakan akan berada di Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Karena syarat minimum pembentukan Provinsi harus 5 kabupaten kota, maka Kabupaten Ketapang akan dipecah menjadi 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Hulu Aik (CDOB), Kabupaten Tumbang Titi (CDOB) dan Kabupaten Jelai Kendawangan Raya (CDOB).

3. Provinsi Kotawaringin

Provinsi Kotawaringin akan dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota Provinsi direncanakan akan berada di Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

Wilayahnya mencakup 5 Kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

Sumber:

UPDATE TERBARU