Monday 20th of May 2024

Barito Raya Layak Jadi Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Miliki SDA Melimpah Untuk Sokong Pembangunan IKN

×

Barito Raya Layak Jadi Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Miliki SDA Melimpah Untuk Sokong Pembangunan IKN

--

Sugianto mengatakan, secara konkret telah disampaikan usulan pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya kepada Menteri Dalam Negeri RI pada tahun 2021 lalu. Atas wacana pembentukan daerah otonomi baru tersebut, sejumlah pengamat pun menyambut baik.

Baca juga: Nikmatnya Sate Padang dan Kacang Alhamdulilah, Varian Sate Rontok Bikin Sajian Unik Paling Laris!


Baca juga: Fakta Baru Maling di Perumahan Semarang yang Keluar Masuk Dengan Santai, Gimana Nasib Pelaku?

Baca juga: Permen Susu Bergambar Kelinci Alias White Rabbit Halal Atau Haram? Begini Kata BPOM Indonesia!

Dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, pembentukan DOB Barito Raya dinilai prospektif sebagai daerah penyokong geliat pembangunan IKN.

Sekretaris I Panitia Pembentukan Provinsi Barito Raya, H Nuryakin menjelaskan, pemekaran Barito Raya menjadi provinsi sejatinya sudah dilakukan sejak 2012 lalu. Bahkan usulan pembentukan DOB tersebut lebih dahulu ada sebelum usulan pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya.

Nuryakin juga mengatakan, karena Barito Kuala mundur, maka skema yang lebih mungkin agar Provinsi Barito Raya dapat berdiri adalah dengan membentuk kabupaten baru yang dapat bergabung dengan Barito Raya, sehingga bisa memenuhi syarat untuk pemekaran provinsi.

Menurutnya, pembentukan DOB Barito Raya penting dilakukan dalam upaya mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan, meningkatkan daya saing nasional dan daya saing daerah, serta memelihara keunikan adat istiadat, tradisi, dan budaya.

Sumber:

UPDATE TERBARU