Friday 10th of May 2024

Barito Raya Layak Jadi Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Miliki SDA Melimpah Untuk Sokong Pembangunan IKN

×

Barito Raya Layak Jadi Provinsi Baru di Pulau Kalimantan, Miliki SDA Melimpah Untuk Sokong Pembangunan IKN

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai alasan Barito layak dimekarkan menjadi provinsi baru di Pulau Kalimantan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar kamu tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Kalimantan letaknya di tengah-tengah Indonesia sehingga layak dicalonkan sebagai lokasi ibu kota Indonesia masa depan. Wilayahnya pun dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya:


Baca juga: Kembali Dicanangkan! Wacana Pemekaran Wilayah Papua Siapkan 7 Daerah yang Ditarget Bawa Pemerataan dan Kemajuan

Baca juga: 6 Alasan Warga Papua Tolak Pemekaran Wilayah: Daerah Baru Untuk Siapa, Kepentingan Publik atau Agenda Politis?

Baca juga: Gubernur Kalteng Minta Dukungan Wapres Untuk Bentuk Provinsi Baru di Pulau Kalimantan

  • Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak
  • Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya
  • Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarbaru
  • Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda
  • Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor

Terbaru, terdapat beberapa usulan wacana pembentukan Provinsi yang belum terealisasi sampai saat ini. Kotawaringin Raya diusulkan sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Pulau Kalimantan. Selain itu, Barito Raya juga layak dimekarkan sebagai provinsi baru.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyebut pemekaran wilayah adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sumber:

UPDATE TERBARU