Thursday 16th of May 2024

Profil dan Biodata Gus Yahya Ketua PBNU, Lakukan Jihad Santri untuk Jayakan Negeri!

×

Profil dan Biodata Gus Yahya Ketua PBNU, Lakukan Jihad Santri untuk Jayakan Negeri!

--

ASCOMAXX.com - Nama Gus Yahya baru-baru ini menjadi perbincangan hangat setelah melepas ribuan santri untuk turun kejalan sebagai Jihad perlindungan negeri. Nah, pada artikel berikut kami akan membagikan informasi terkait dengan profil dan biodata dari Gus Yahya.

Gus Yahya mendapatkan perhatian setelah ia secara tegas menyatakan bahwa tidak ada calon presiden atau wakil presiden yang mewakili Nahdlatul Ulama (NU). Gus Yahya, yang sebenarnya bernama Yahya Cholil Staquf, menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


Beliau menggarisbawahi bahwa jika ada tokoh dari kalangan NU yang terlibat dalam arena politik, hal tersebut bukan merupakan representasi dari NU, melainkan lebih pada kredibilitas pribadi masing-masing tokoh.

Baca juga: Profil dan Biodata Dex, Populer di Reality Show Single's Inferno dan Siap Memulai Debut Akting

Baca juga: Viral! Phoebe Gates Dikabarkan Pacari Cucu Paul McCartney Usai Putus dari Robert Ross

Baca juga: Sha Ine Febriyanti Masuk Nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2023

Profil Gus Yahya

Gus Yahya lahir pada tahun 1966 di Rembang, Jawa Tengah, dan merupakan putra dari KH. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Keluarganya memiliki latar belakang agama yang kuat, dengan kakeknya yang merupakan tokoh besar NU, KH. Bisri Mustofa, yang dikenal sebagai penulis Kitab Tafsir Al Ibris. Pamannya, KH.

Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus, adalah pengasuh Pondok Raudlatut Thalibin. Gus Yahya juga adalah kakak dari Menteri Agama, Gus Yaqut.

Riwayat Pendidikan Gus Yahya

Dalam hal pendidikan, Gus Yahya menimba ilmu di pesantren dan belajar di bawah bimbingan KH. Ali Maksum di Madrasah Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.

Selain itu, ia mengejar pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Gadjah Mada dan aktif dalam Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta selama masa kuliahnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU