Monday 29th of April 2024

Mengenal Lari Cross Country (Lintas Alam) Cabang Olahraga yang Mirip Marathon: Sejarah, Tujuan, Teknik Start, Hingga Manfaatnya

×

Mengenal Lari Cross Country (Lintas Alam) Cabang Olahraga yang Mirip Marathon: Sejarah, Tujuan, Teknik Start, Hingga Manfaatnya

--

ASCOMAXX.com - Siapa di sini yang hobi lari? Bukan lari dari kenyataan, kali ini pada artikel ini kami akan memberikan ringkasan informasi menarik mengenai lari cross country (lintas alam). Bagi kalian yang tertarik pembahasan mengenai lari cross country (lintas alam) ini silahkan simak pembahasan berikut ini hingga selesai.

Lari cross country (lintas alam) sendiri dikenal sebagai kompetisi lari yang mengajak peserta bersaing di medan terbuka atau kasar. Medan yang digunakan pada kompetisi ini biasanya adalah gabungan dari padang rumput, lumpur, hutan, bukit, tanah datar dan air.  


Tak heran, lari cross country adalah salah satu kompetisi yang populer, dan biasanya berlangsung di daerah beriklim. Lari cross country menjadi salah satu bagian dari cabang olahraga atletik di luar lintasan lapangan stadion, selain lari marathon dan jalan cepat.

Baca juga: Pukulan Servis yang Sering Digunakan Oleh Pemain Tunggal Dalam Cabor Bulutangkis adalah, Cek Jawabannya di Sini

Baca juga: 7 Jenis Teknik Pembuatan Kerajinan Ukiran Benda Lunak yang Wajib Kamu Tahu, Ada Banyak Macamnya

Baca juga: Menghindari dari Teknik Serangan Lawan Disebut Apa? Berikut Penjelasan Gerakan dalam Pencak Silat

Olahraga ini dimulai di tahun 1838 di Rugby School di Inggris. Setelah itu, cross country menjadi olahraga yang rutin dilakukan di sekolah tersebut. Pada awal abad ke-19, cross country dipraktikkan di semua sekolah swasta di Inggris. 

Setiap lintasan cross country memiliki susunan yang berbeda. Jaraknya juga bervariasi karena disesuaikan oleh kelompok usia. Namun, sama seperti nomor atletik pada umumnya, cross country dibagi berdasarkan jenis kelamin pelari. 

Biasanya ada berbagai jenis kompetisi cross country, seperti  kompetisi ganda, kejuaraan umum dan kejuaraan negara bagian dan invitasi. Invitasi merupakan kompetisi yang lebih besar.

Sumber:

UPDATE TERBARU