Thursday 16th of May 2024

7 Jenis Teknik Pembuatan Kerajinan Ukiran Benda Lunak yang Wajib Kamu Tahu, Ada Banyak Macamnya

×

7 Jenis Teknik Pembuatan Kerajinan Ukiran Benda Lunak yang Wajib Kamu Tahu, Ada Banyak Macamnya

--

ASCOMAXX.com – Kerajiinan benda lunak merupakan salah satu bentuk seni yang kitas ering temui dalam kehidupan sehari-hari. Nah jikalau kamu penasaran maka, kamu sudah berada di artikel yang tepat karena kali ini kami akan membahas mengenai jenis teknik pembuatan kerajinan ukiran benda lunak! Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaanmu!

Dalam membuat karya seni yang berbahan lunak misalnya tanah liat, kita sering mengguanakan beberapa bantuan alat untuk mempermudah membuat karya yang diinginkan. Penggunaan alat-alat tersebut dimaksudkan agar hasil karya yang didapat lebih maksimal dibandingkan dengan tidak menggunakan alat bantu.


Umumnya alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak disebut dengan butsir. Alat ini adalah sebuah alat yang terbuat dari kayu dan kawat. Fungsi butsir adalahuntuk memotong, membentuk atau mengurangi tanah liat yang akan dibentuk menjadi patung atau karya ukir lainnya.

Baca juga: Ciri Keturunan Prabu Siliwangi Punya Tahi Lalat Segitiga, Cek Apakah Kalian Termasuk Salah Satunya!

Baca juga: Miliki Tahi Lalat Segitiga Merupakan Keturunan Prabu Siliwangi? Simak Penjelasan Selengkapnya!

Baca juga: Buatlah Sketsa Komik Sederhana Dengan Tema Menjaga Kesehatan Alat Gerak, Bikin yang Simpel!

Bentuk dari alat butsir ini mirip seperti pisau atau alat sudip yang digunakan untuk bahan lunak. Alat ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang memiliki mata logam yang tumpul. Selain mata logam, alat butsir ini juga ada yang memiliki mata kawat.

Pembuatan karya seni patung dengan menggunakan alat butsir ini akan memudahkan seniman dalam proses pembentukan bahan lunak menjadi sebuah karya seni berupa patung atau yang lainnya.

Cek pembahasan selengkapnya yang akan kami kupas di slide selanjutnya!>>>

Sumber:

UPDATE TERBARU