Sunday 19th of May 2024

Sejarah Bendungan Sermo, Waduk Populer di Kulonprogo yang Diresmikan Oleh Presiden Soeharto

×

Sejarah Bendungan Sermo, Waduk Populer di Kulonprogo yang Diresmikan Oleh Presiden Soeharto

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Bendungan Sermo yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Harga Tiket Bendungan Sempor dan Jam Operasionalnya, Surga Dunia yang Suguhkan Bentang Alam Menakjubkan

Baca juga: Profil dan Spesifikasi Bendungan Sempor yang Tak Cuma Cantik Tapi Juga Bermanfaat Buat Masyarakat

Baca juga: Sejarah Pembangunan Bendungan Ladongi, Jadi Waduk Pertama di Sulawesi Tenggara

Salah satu bendungan yang cukup populer datang dari daerah Malang yaitu Bendungan Sermo. Banyak yang mempertanyakan asal usul dari bendungan tersebut. Lantas, bagaimanakah sejarahnya?

Sekilas Tentang Bendungan Sermo

Bendungan Sermo merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Bendungan ini dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan dari pembangunan bendungan ini untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 hektar. Sistem irigasi ini adalah interkoneksi dari beberapa daerah irigasi.

Sumber:

UPDATE TERBARU