Saturday 18th of May 2024

Sejarah Pembangunan Bendungan Ladongi, Jadi Waduk Pertama di Sulawesi Tenggara

×

Sejarah Pembangunan Bendungan Ladongi, Jadi Waduk Pertama di Sulawesi Tenggara

--

ASCOMAXX.com – Apakah kamu ingin tau sejarah Bendungan Ladongi? Nah, berikut ini adalah informasi mengenai sejarah Bendungan Ladongi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Hingga saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bendungan di tiap daerah baik sudah lama dibuat hingga baru.


Baca juga: Nonton Suzanna Malam Satu Suro (1988) Full Movie HD Gratis, Jadi Film Horor Indonesia yang Paling Legendaris dan Menyeramkan

Baca juga: Profil & Spesifikasi Bendungan Ciawi Jawa Barat, Diharap Mampu Tahan Air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Baca juga: Fenomena Childfree Dalam Pandangan Hukum Islam, Berikut Tanggapan dari Ulama Fiqih

Salah satu bendungan yang cukup populer datang dari daerah Malang yaitu Bendungan Ladongi. Banyak yang mempertanyakan asal usul dari bendungan tersebut. Lantas, bagaimanakah sejarahnya?

Sekilas Tentang Bendungan Ladongi

Bendungan Ladongi merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Bendungan Ladongi sendiri dibangun pada alur Sungai Ladongi di Desa Atula, Kecamatan Ladongi.

Diketahui jika Bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung 36,25 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 119,8 hektare. Bendungan ini diresmikan pada tanggal 28 Desember 2021 oleh presiden Joko Widodo.

Sumber:

UPDATE TERBARU