Friday 17th of May 2024

Gejala Umum Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru): Penyebab dan Cara Pengobatan

×

Gejala Umum Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru): Penyebab dan Cara Pengobatan

--

Penyebab Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru)

Tuberkulosis (TBC) diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyebaran bakteri terjadi melalui udara dan biasanya menginfeksi paru-paru, meskipun bisa juga menyerang bagian tubuh lainnya.

Walaupun TBC adalah penyakit menular, penyebarannya tidak mudah. Secara umum, seseorang perlu menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi dengan individu yang terinfeksi agar tertular. 

Gejala Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru)


Gejala tuberkulosis paru dapat bervariasi, tetapi gejala umum meliputi batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu, demam, keringat malam, kelelahan, penurunan berat badan, dan sesak napas. Jika tidak diobati, tuberkulosis paru dapat menjadi penyakit yang serius dan bahkan dapat mengancam nyawa.

Baca juga: Mengenal Penyakit Sariawan: Penyebab, Gelaja dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Mengenal Penyakit Asma Gastroenteritis (Mutaber): Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi, dan Pengobatannya

Baca juga: Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal (Nefrolitiasis) yang Umum Terjadi, Beserta Penyebabnya!

Cara Pengobatan TBC (Tuberkulosis Paru)

Pengobatan Tuberkulosis melibatkan penggunaan kombinasi antibiotik yang efektif untuk mengatasi infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Pengobatan TB harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya antara 6 hingga 9 bulan, tergantung pada tingkat keparahan dan respons pasien terhadap pengobatan. 

Penting untuk segera mencari perawatan medis jika mengalami gejala-gejala yang mencurigakan pada tuberkulosis. Dokter dapat melakukan diagnosis yang akurat dan meresepkan pengobatan yang tepat jika terdiagnosis mengidap tuberkulosis.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait penyakit tuberkulosis beserta penyebab terjadinya penyakit tersebut yang umum terjadi, gejala dan cara pengobatannya. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU