Friday 29th of March 2024

Mengenal Penyakit Sariawan: Penyebab, Gelaja dan Cara Mengatasinya

×

Mengenal Penyakit Sariawan: Penyebab, Gelaja dan Cara Mengatasinya

--

ASCOMAXX.com - Bahkan di era perkembangan zaman saat ini, berbagai jenis penyakit yang menyerangpun tak bisa dielakkan. Hal ini tentu begitu berpengaruh terhadap gaya hidup masa kini. Salah satu penyakit umum yang sering menyerang yaiu sariawan. Berikut akan kami berikan informasi terkait penyakit sariawan.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Mengenal Penyakit Asma Gastroenteritis (Mutaber): Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi, dan Pengobatannya

Baca juga: Arti Kode ICD 10 Asma Bronkial yang Digunakan Untuk Diagnosis Penyakit Dari WHO

Baca juga: Berapa Biaya Operasi Sedot Lemak di Kota Medan Terbaru 2023 ? Cek Daftar Harganya Berikut Ini

Mengenal Ciri Penyakit Sariawan

Sariawan (stomatitis aftosa) merupakan sebuah kondisi sakit yang ditandai dengan adanya luka atau borok yang berbentuk ulkus di dalam rongga mulut, seperti di bibir, gusi, langit-langit mulut, atau lidah. Biasanya, sariawan muncul sebagai luka kecil berwarna putih atau kuning dengan tepi merah yang terasa nyeri atau terbakar.

Penyebab Penyakit Sariawan

Penyebab sariawan dapat bervariasi dan melibatkan satu atau kombinasi dari beberapa kondisi. Contohnya seperti berikut ini:

1. Cedera akibat tergigit atau kesalahan saat menyikat gigi.

2. Kondisi tertentu seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, atau faktor genetik.

3. Penyakit autoimun seperti lupus.

4. Infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut atau di bagian tubuh lainnya.

5. Dalam beberapa kasus, sariawan juga dapat menjadi tanda adanya tumor atau kanker pada mulut dan lidah.

Sumber:

UPDATE TERBARU