Wednesday 17th of April 2024

Daftar Kode ICD 10 Pada Anemia Beserta 3 Jenis Lainnya: Nutrisional, Hemolitik dan Aplastik

×

Daftar Kode ICD 10 Pada Anemia Beserta 3 Jenis Lainnya: Nutrisional, Hemolitik dan Aplastik

--

ASCOMAXX.com - Istilah dalam dunia medis mengenai penyakit memang banyak sekali. Salah satunya seperti kode ICD 10 atau banyak orang yang menyebutnya dengan Kode Diagnosa BPJS Kesehatan. Berikut ini kode ICD pada penyakit Anemia yang mudah menyerang seseorang ini.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Penyakit Hernia Inguinalis: Deteksi Dini, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Baca juga: Gejala Penyakit Frozen Shoulder : Sebuah Penyakit yang Menyerang Tulang Sendi di Bahu Akibat Diabetes, Perhatikan Gejala Awalnya!

Baca juga: Kode ICD 10 Ulkus Diabetikum Lengkap Dengan Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Mengenal Penyakit Anemia

Anemia ini merupakan suatu kondisi medis yang ditandai oleh kurangnya sel darah merah sehat dalam tubuh atau rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab umum anemia meliputi kekurangan zat besi, defisiensi vitamin B12 atau asam folat, gangguan pada sumsum tulang, perdarahan yang berlebihan, dan gangguan autoimun. Faktor risiko termasuk pola makan yang tidak seimbang, kehamilan, penyakit kronis, dan riwayat keluarga.

Kode ICD 10 Pada Anemia

Kode ICD-10 (International Classification of Diseases, 10th Revision) merupakan sebuah sistem klasifikasi yang digunakan secara internasional untuk mengodekan dan mengklasifikasikan berbagai macam penyakit, kondisi medis, dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Sistem ini dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan digunakan oleh berbagai negara di seluruh dunia untuk keperluan statistik, penelitian medis, dan administrasi kesehatan.

Sumber:

UPDATE TERBARU