Tuesday 18th of June 2024

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal (Nefrolitiasis) yang Umum Terjadi, Beserta Penyebabnya!

×

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal (Nefrolitiasis) yang Umum Terjadi, Beserta Penyebabnya!

--

ASCOMAXX.com - Istilah dalam dunia medis mengenai penyakit memang banyak sekali. Salah satunya seperti kode ICD 10 atau banyak orang yang menyebutnya dengan Kode Diagnosa BPJS Kesehatan. Termasuk salah satunya pada penyakit batu ginjal yang sering menyerang lansia.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Biaya Tambal Gigi di Klinik Umum Daerah Jakarta Selatan Terbaru 2023 : Harga Sangat Worth It Untuk Mengatasi Gigi Yang Bermasalah

Baca juga: Apa Arti Kode ICD 10 GEA? Sebuah Cara Untuk Mendiagnosis Penyakit, Begini Faktanya

Baca juga: Apa Itu Bidan Delima? Sering Terpampang Logonya Pada Praktek Klinik Bidan

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini merupakan sebuah kondisi di mana terbentuknya batu keras yang terdiri dari endapan mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal bisa berukuran kecil seperti pasir atau lebih besar seperti batu kerikil. 

Penyakit ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia dalam urine, kurangnya asupan cairan, faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, atau gangguan metabolik.

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Gejala yang mungkin timbul akibat batu ginjal dapat berupa:

1. Nyeri perut bagian bawah, Penderita dapat merasakan nyeri di daerah perut bagian bawah, yang dapat bersifat tumpul atau tajam.

Sumber:

UPDATE TERBARU