Friday 26th of April 2024

Gejala Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Cara Pengobatan yang Mudah

×

Gejala Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Cara Pengobatan yang Mudah

--

ASCOMAXX.com - Bahkan di era perkembangan zaman saat ini, berbagai jenis penyakit yang menyerangpun tak bisa dielakkan. Hal ini tentu begitu berpengaruh terhadap gaya hidup masa kini. Salah satu penyakit yang kini banyak diderita oleh anak muda adalah anemia. Berikut penjelasannya.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi.

Baca juga: Arti Kode ICD 10 Pada Penyakit Frozen Shoulder, Infeksi Tulang Sendi Pada Bahu yang Perlu Diwaspadai!

Baca juga: Mengenal Penyakit Kista Ovarium: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Baca juga: Gejala Penyakit Frozen Shoulder : Sebuah Penyakit yang Menyerang Tulang Sendi di Bahu Akibat Diabetes, Perhatikan Gejala Awalnya!

Mengenal Anemia

Anemia ini merupakan suatu kondisi medis yang ditandai oleh kurangnya sel darah merah sehat dalam tubuh atau rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab Anemia

Penyebab umum anemia meliputi kekurangan zat besi, defisiensi vitamin B12 atau asam folat, gangguan pada sumsum tulang, perdarahan yang berlebihan, dan gangguan autoimun. Faktor risiko termasuk pola makan yang tidak seimbang, kehamilan, penyakit kronis, dan riwayat keluarga.

Gejala Anemia

Gejala anemia dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya, tetapi gejala umum meliputi kelelahan, pusing, sesak napas, kulit pucat, detak jantung cepat, dan kesemutan di tangan dan kaki.

Sumber:

UPDATE TERBARU