Monday 29th of April 2024

Gejala Umum Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru): Penyebab dan Cara Pengobatan

×

Gejala Umum Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru): Penyebab dan Cara Pengobatan

--

ASCOMAXX.com - Bahkan di era perkembangan zaman saat ini, berbagai jenis penyakit yang menyerangpun tak bisa dielakkan. Hal ini tentu begitu berpengaruh terhadap gaya hidup masa kini. Salah satu penyakit menular dan berbahaya adalah TBC Paru, berikut gejala, penyebab dan cara pengobatannya.

Penyakit merupakan sebuah kondisi atau gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh dan dapat menyebabkan gejala, keluhan, atau gangguan pada kesehatan seseorang. Penyakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi oleh bakteri, virus, lingkungan atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut.


Gejala penyakit tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala umum penyakit meliputi nyeri, demam, kelelahan, mual, muntah, diare, ruam kulit, batuk, sesak napas, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, perubahan suasana hati, hingga gangguan fungsi organ.

Baca juga: Kode BPJS Tonsilofaringitis Atau Penyakit Tenggorokan Yang Wajib Kamu Tahu

Baca juga: Kode ICD 10 Febris (Demam) Untuk Diagnosis Penyakit yang Bikin Suhu Tubuh Meningkat Drastis

Baca juga: Penyakit Konstipasi atau Sembelit: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi, dan Perawatannya

Mengenal Penyakit TBC (Tuberkulosis Paru)

Penyakit Tuberkulosis ini adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis paru terutama menyerang paru-paru, tetapi juga dapat mempengaruhi organ lain seperti ginjal, tulang, dan sistem saraf.

Gejala tuberkulosis paru dapat bervariasi, tetapi gejala umum meliputi batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu, demam, keringat malam, kelelahan, penurunan berat badan, dan sesak napas.

Sumber:

UPDATE TERBARU