Tuesday 30th of April 2024

Contoh ERD Beserta Penjelasan Notasi dan Simbol Lengkapnya dengan Gambar, Cari Tahu Disini!

×

Contoh ERD Beserta Penjelasan Notasi dan Simbol Lengkapnya dengan Gambar, Cari Tahu Disini!

--

Contoh ERD

1. Contoh ERD pada Perpustakaan

Contoh ERD Perpustakaan


Tabel ERD Perpustakaan

 

Penguraian:

Berdasarkan contoh ERD Perpustakaan diatas dapat diketahui terdapat 3 entitas, diantaranya anggota, buku, dan denda. Selain itu terdapat dua proses yaitu pinjam dan membayar yang dijelaskan pada keterangan berikut ini:

  • Proses pinjam mendeskripsikan hubungan antara anggota dengan buku. Bagian berfungsi jika anggota akan meminjam buku di perpustakaan.
  • Proses membayar, menjelaskan tentang hubungan antara anggota dengan denda. Proses ini dapat terjadi apabila terdapat anggota yang terlambat dalam mengembalikan buku di perpustakaan.

Baca juga: Kenampakan Alam yang Digambarkan dengan Simbol Area Adalah?

Baca juga: Kumpulan Contoh Kalimat Penutup Sidang Skripsi dengan Baik dan Benar

Baca juga: Contoh Kalimat Pembuka Sidang Skripsi dengan Baik dan Benar, Auto Dapat Nilai A

2. Proses ERD SekolahContoh ERD Sekolah

Tabel ERD Sekolah

Penguraian:

Berdasarkan contoh diatas dapat diketahui terdapat 3 entitas, diantaranya Provinsi, sekolah, dan status. Ada dua proses pada ERD tersebut yaitu memiliki dan lokasi yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Berdasarkan ERD Sekolah, dilakukan analisis yang mempunyai tujuan akhir melihat lokasi sekolah. Terdapat dua proses yang ada di ERD tersebut, yaitu lokasi dan memiliki.
  • Proses lokasi bertujuan untuk mengetahui lokasi sekolah, sedangkan pada proses memiliki bertujuan untuk mengetahui status dari sekolah yang dituju tersebut.

Nah, itulah contoh dari ERD beserta keterangan lengkap dan simbol yang bisa kalian pelajari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat belajar. 

 

Sumber:

UPDATE TERBARU