Saturday 25th of May 2024

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

×

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

--


8. Gender

Bentuk Gender menyerupai gangsa pada gamelan Bali serta slenthem yang terdapat pada gamelan Jawa. Gender memiliki 10 hingga 14 bilah logam (kuningan) bernada yang digantung pada berkas, di atas resonator dari bambu atau seng.

Baca juga: Kumpulan Contoh Tembang Asmaradana Beserta Artinya dalam Bahasa Indonesia


Baca juga: Contoh Tembang Dhandhanggula dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Baca juga: 3 Fakta Menarik Series Mendua (2022), Adaptasi dari Serial Doctor Foster dan Bakal Tayang di 5 Negara

9. Kendang

Dengan keunikannya sendiri, alat musik ini juga ada dalam alat musik tradisional Jawa Barat. Sebagai alat musik Jawa Tengah, Kendhang memiliki dua sisi tidak simetris dengan sisi kulitnya. Ditegangkan oleh tali dan kulit atau rotan ditata dalam bentuk ‘Y’.

10. Saron

Saron terdiri dari 6-7 bilah pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator. Saron termasuk alat musik pukul, pemukulnya ada yang terbuat dari kayu, ada juga yang dari tanduk. Sesuai dengan ukuran dan fungsinya, Saron terbagi menjadi tiga jenis.

11. Gamelan

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

12. Suling

Selain Jawa Tengah, daerah lain di Indonesia juga memiliki suling sebagai bagian dari perangkat alat musik tradisional. Alat musik suling dimainkan dengan cara ditiup. Sebagai alat musik tradisional, suling dibuat dari bambu dengan lubang-lubang yang menjadi penghasil nada.

Sumber:

UPDATE TERBARU