Sunday 5th of May 2024

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

×

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai beberapa alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah sendiri memiliki ibukota yaitu Semarang. Namun siapa sangka, jika provinsi Jawa Tengah juga terkenal dengan berbagai kesenian, termasuk seni musik.


Baca juga: Pasal 1365 KUHPerdata (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata), Tentang Perbuatan Melawan Hukum

Baca juga: Spoiler Manga Kanojo Okarishimasu Chapter 264 Reddit, Kazuya dan Chizuru Buat Perkembangan dalam Hubungan Mereka

Baca juga: Kode Redeem Game Girls Connect Desember 2022, Buruan Klaim Buat Dapat Hadiah Limited Editionnya

Dalam seni musik sendiri, harus terdapat alat musik yang dimainkan. Alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Hingga saat ini alat musik tradisional masih digunakan sebagai ciri khas daerah di Indonesia.

Daftar Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar alat musik tradisional dari Jawa Tengah:

1. Bonang

Merupakan alat musik pukul yang terbuat dari logam-logam seperti kuningan, perunggu, atau besi. Cara memainkannya, bonang dipukul menggunakan pemukul khusus yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kain atau karet.

2. Demung

Merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang masih termasuk di dalam keluarga balungan. Dalam pagelaran musik gamelan, biasanya terdapat dua jenis demung, yaitu demung dengan nada pelog dan slendro.

Sumber:

UPDATE TERBARU