Sunday 19th of May 2024

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

×

Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

--


3. Kenong

Kenong berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra, menegaskan irama. Kenong juga termasuk dalam alat musik berpencu, namun ukuran lebih besar daripada bonang. Uniknya, dari seluruh instrumen gamelan, kenong adalah alat musik yang bertubuh paling gemuk.

Baca juga: Model Kandang Ayam Bangkok Minimalis dan Low Budget, Gampang Banget Untuk Membuatnya!


Baca juga: Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Modern dan Paling Mudah, Dijamin Harga Lebih Irit

Baca juga: Link Nonton Drama BL I Will Knock You (2022) Full Episode Sub Indo, Thi Dibuat Baper Dengan Perhatian Noei

4. Siter

Alat musik Jawa Tengah ini juga memiliki bunyi yang disetel dengan nada pelog dan slendro. Namun yang membedakan, siter menjadi satu-satunya alat musik tradisional yang dipetik dalam rangkaian gamelan.

5. Gambang

Merupakan alat musik Jawa Tengah yang merupakan salah satu instrumen orkes gambang kromong dan gambang rancag. Gambang memiliki sumber suara sebanyak 20 buah bilah yang terbuat dari kayu atau bambu.

6. Gong

Merupakan salah satu alat musik tradisional yang terbuat dari leburan logam seperti perunggu dengan tembaga dengan permukaan yang bundar (dengan atau tanpa Pencu). Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya.

7. Slenthem

Bentuknya adalah bilah-bilah logam yang digantung di atas tabung-tabung yang menghasilkan dengung rendah bila dipukul. Sama seperti instrumen lain pada gamelan, slenthem juga memiliki versi pelog dan slendro.

Sumber:

UPDATE TERBARU