Sunday 19th of May 2024

Tradisi Suran Desa Traji 2023 Kapan Digelar? Disesuaikan Dengan Kalender Jawa Satu Suro!

×

Tradisi Suran Desa Traji 2023 Kapan Digelar? Disesuaikan Dengan Kalender Jawa Satu Suro!

--

Pagelaran Tradisi Suran Desa Traji 2023

Dalam informasi di Jawa Tengah Calendar of Events 2023 yang disusun Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, diprediksi Tradisi Suran Desa Traji akan hadir di bulan Juli 2023.

Hal ini disesuaikan dengan kalender Jawa yang pertama kali diterbitkan oleh Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613-1645) yang mengacu penanggalan Hijriah (Islam). Satu Suro yang sangat lekat dengan budaya Jawa.


Tradisi Suran Desa Traji dilaksanakan setiap malam 1 Suro bertempat di Sendang Sidukun. Dalam prosesi Suran ini Kepala Desa dan istri berpakaian layaknya pengantin adat Jawa, kemudian dikirab bersama aneka sesaji dan gunungan hasil bumi dari Balai Desa menuju Sendang Sidukun. Biasanya, ritual ini  dirayakan oleh penduduk desa dengan mengadakan  parade sungai Sidukun.

Acara Tradisi Suran Desa Traji bakal berlangsung di Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung pada 18 Juli 2023. 

Baca juga: Link Nonton The Game Caterers Season 2 Full Episode 1-20, Bisa Streaming Legal Di Sini!

Baca juga: Nonton Film Bela Luna (2023) Full Movie Sub Indo, Akses NO SENSOR Bisa Didapatkan di Sini!

Baca juga: Update Link Nonton Drama BL 609 Bedtime Story Episode 11 Sub Indo, Dream On and Wake Up!

Nah, itu dia informasi mengenai pembahasan mengenai pagelaran Tradisi Suran Desa Traji yang dilaksanakan di tahun 2023. Apakah kamu sudah menanti acara ini?

 

Sumber:

UPDATE TERBARU