Thursday 2nd of May 2024

Daftar Event Kabupaten Pati Tahun 2023, Banyak Acara Budaya Sakral yang Bisa Dihadiri

×

Daftar Event Kabupaten Pati Tahun 2023, Banyak Acara Budaya Sakral yang Bisa Dihadiri

--

ASCOMAXX.com - Sebuah acara yang terselanggara selalu dinantikan oleh masyarakat. Termasuk event tahunan di Kabupaten Pati. Acara yang dihadirkan sangat banyak dan beragam. Berikut ini daftar event atau acara di Kabupaten Pati sepanjang tahun 2023.

Pati merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sebelum dijuluki Hogwarts van Java atau Kota Seribu Paranormal, Kabupaten Pati di Jawa Tengah juga terkenal dengan sebutan Kota Pensiun hingga Kota Karaoke. Tenangnya suasana di Pati yang akhirnya membuatnya dijuluki Kota Pensiun.


Tahun 2023 menjadi kabar yang menggembirakan terkait event atau acara yang akan digelar di Kabupaten Pati. Berikut ini akan kami hadirkan beberapa acara yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pati tahun 2023. Jangan lupa untuk mencatat tanggalnya berikut ini.

Baca juga: Jadwal Event Karanganyar 2023 Terbaru, Buat yang Mau ke Jawa Tengah Jangan Sampai Skip

Baca juga: Daftar Event Jawa Tengah Bulan Juli 2023, Hadirkan Banyak Perayaan dan Festival Menarik

Baca juga: Kalender Daftar Event Bandung Tahun 2023, Banyak Festival Musik Hingga Makanan Menarik

Daftar Acara Tahunan Kabupaten Pati 2023

1. Haul Ki Ageng Darmoyono

Acara ini diperingati tiap nisfu sya’ban. Saat haul, kain luwur (penutup) dibuka dan diadakan pengajian yang dihadiri oleh masyarakat dari dalam dan luar daerah. Haul Ki Ageng Darmoyono akan digelar di situs Candi Kayen, Desa Buloh, Kec. Kayen Kabupaten Pati pada tanggal 7 Maret 2023.

2. Sedekah Laut

Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat sumber daya laut dengan larung kepala kerbau sebagai simbol sedekah laut. Acaranya akan berlangsung di tiga tempat, TPI Ujungbatu Kabupaten Jepara, Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, TPI Tayu, TPI Juwana, TPI Banyutowo Kabupaten Pati, Sabtu 29 April 2023.

3. Festival Kali Silugonggo

Acara ini merupakan agenda rutin masyarakat setempat setiap bulan Syawal dalam bentuk lomba dayung dengan perahu tradisional. Acara akan berlangsung di Desa Kedung Pancing, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Sabtu, 29 April 2023.

4. Haul Nyai Ageng Ngerang

Acara ini akan digelar setiap 1 Muharam untuk mengenang para leluhur yang telah berjuang dalam syiar agama. Tahun ini akan berlangsung di Desa Ngerang Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati pada 19 Juli 2023.

5. Haul Syekh Ahmad Mutamakkin

Acara ini digelar setiap menjelang tanggal 10 Suro untuk mengenang perjuangan dan keteladanan Mbah Mutamakin dalam berdakwah dan menyebarkan Islam. Acara Haul Syekh Ahmad Mutamakkin di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada 28 Juli 2023. 

Sumber:

UPDATE TERBARU