Thursday 16th of May 2024

Isu Pemekaran Sumatera Barat, Kabupaten Agam Tuo Bakal Padat Penduduk, Ini Dia Daerah Otonomnya

×

Isu Pemekaran Sumatera Barat, Kabupaten Agam Tuo Bakal Padat Penduduk, Ini Dia Daerah Otonomnya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai isu pemekaran wilayah termasuk ke area Kabupaten Agam Tuo yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Agam merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Penamaan kabupaten ini dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.


Baca juga: Segini Ternyata Biaya Konstruksi Pembangunan Tol Jogja - Bawen, Kabarnya Sudah Bisa Beroperasi 2024 Mendatang!

Baca juga: Tahap Pembangunan Tol Jogja - Bawen Seksi 1 Sudah Capai Angka 59 Persen, Target Operasi Mulai 2024!

Baca juga: Simpan Pesona Alam Surgawi! Provinsi Papua Selatan Rencanakan Pemekaran Wilayah Guna Buka Potensi Wisata Bali Baru

Kabupaten Agam, yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, memiliki karakteristik wilayah yang unik, terbagi menjadi dua bagian utama: wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi.

Kini, ibukota Kabupaten Agam berada di Kecamatan Lubuk Basung di wilayah pesisir, sedangkan wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Dari kabar terbarunya, pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat sedang mempertimbangkan sebuah usulan menarik untuk memekarkan wilayahnya. Meskipun Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium daerah otonomi baru (DOB), namun usulan ini dinilai sangat layak untuk direalisasikan.

Sumber:

UPDATE TERBARU