Tuesday 14th of May 2024

Mitos Sumur Jalatunda yang Simpan Sejarah Panjang, Konon Jadi Pintu Ghaib Menuju Penguasa Laut Selatan

×

Mitos Sumur Jalatunda yang Simpan Sejarah Panjang, Konon Jadi Pintu Ghaib Menuju Penguasa Laut Selatan

--

Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Bentuk Sumur Jalatunda bukan seperti sumur pada umumnya, melainkan sebuah lubang besar dengan air yang menggenang di dasarnya. Ada yang menyebut bahwa Sumur Jalatunda adalah sumur terbesar di Indonesia. Sumur ini bukanlah sumur yang sengaja digali untuk tempat mengambil air, melainkan sebuah kenampakan alam yang terjadi secara alami.

Baca juga: Daftar Tempat Nongkrong Murah di Lumajang, Banyak Pilihan Menu Cocok Jadi Lokasi Healing!


Baca juga: Daftar Harga Massage di Delta SPA Bali Terupdate Tahun 2023 Lengkap Dengan Layanannya, Healing Maksimal Buatmu yang Lelah

Baca juga: Link Nonton Drama China Healing Food, Healing Love (2022) Sub Indo Full Episode, Perjalanan Healing Pasangan Kekasih Dengan Kulineran

Mitos Sumur Jalatunda

“Jala” berarti jaring, sementara “tunda” berarti yang belum terlaksana. Jika diartikan, Sumur Jalatunda berarti sumur yang dapat menampung semua permintaan yang selama ini tertunda.

Ada beberapa cerita mengenai sumur ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumur ini merupakan pintu menuju Sapta Pratala (bumi lapis ketujuh). Sementara, terkait dengan Epos Mahabarata, sumur ini merupakan tapak tumit Bima ketika bertarung melawan naga raksasa.

Ada yang bilang juga, konon Sumur Jalatunda merupakan salah satu pintu gaib menuju istana penguasa laut selatan.

Wisata Sumur Jalatunda

Jam operasional

Sumur Jalatunda buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-16.00 WIB.

Harga tiket

Tiket masuk ke Sumur Jalatunda yaitu Rp5.000 setiap orangnya. 

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di Salo Green Rivers Riau yang estetik dan bikin kangen yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburanmu!

Sumber:

UPDATE TERBARU