Saturday 4th of May 2024

Mengenal Wisata Kampung Kajoetangan Heritage Malang, Ternyata Ada Bangunan yang Berdiri Sejak Tahun 1870!

×

Mengenal Wisata Kampung Kajoetangan Heritage Malang, Ternyata Ada Bangunan yang Berdiri Sejak Tahun 1870!

--

ASCOMAXX.com –  Jalan-jalan di Kawasan Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang tentu jadi hal yang menarik buatkamu yang ingin mengisi waktu liburanmu. Apalagi, ada rumah tua yang telah dibangun sejak tahun 1870, namun masih berdiri kokoh dan bangunannya 90 persen masih orisinil.

Kampung ini terhitung cukup baru karena diresmikan pada tahun 2018. Kampoeng Heritage Kajoetangan bukan semata-mata sebagai tempat wisata, melainkan memang merupakan pemukiman yang dihuni oleh penduduk atau warga setempat.


Baca juga: Arti Kata Iclik, Khusus Dewasa! Bahasa Gaul Populer Usai Viralnya Video Rika Aerox di TikTok dan Twitter

Baca juga: Geger! Video Rika Aerox Iclik Viral TikTok dan Twitter, Warganet: Info Link Dong Cah!

Baca juga: Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Diperankan Cha Eun Woo, Berhasil Menghidupkan Karakter dalam Cerita!

Kilas balik sejarah perjalanan Kampung Wisata Kajoetangan Heritage (KJT) Kota Malang ibarat seperti membuka buku kehidupan masyarakat. Berbagai peristiwa dan perubahan dinamika kehidupan masyarakat Kayutangan menjadi bagian dari perkembangan kampung itu sendiri.

Seperti diketahui Kayutangan adalah nama sebuah kawasan pada koridor jalan protokol di Kota Malang yang terkenal sejak jaman kolonial hingga sekarang. Pada Bouwplan tata kota Gemeente Kotapraja Malang pada tahun 1920 diketahui bahwa ada kebijakan untuk merubah kawasan tersebut dari daerah hunian menjadi daerah perdagangan.

Konsekwensi ini menjadikan Kayutangan berubah menjadi pusat perdagangan dan jasa yang terkemuka dengan deretan pertokoan yang dikelola oleh warga Belanda sendiri.

Sumber:

UPDATE TERBARU