Monday 29th of April 2024

Wisata Sumur Jalatunda Cek Harga Tiket Masuk, Jam Operasional, dan Rute Lokasinya di Sini

×

Wisata Sumur Jalatunda Cek Harga Tiket Masuk, Jam Operasional, dan Rute Lokasinya di Sini

--

ASCOMAXX.com - Yang mau liburan akhir tahun ini namun bingung mau kemana, yuk simak artikel berikut ini. Pada artikel ini kami sampaikan informasi terkait Wisata Sumur Jalatunda . Biar tak ketinggalan informasinya, yuk simak selengkapnya di sini.

Kamu bisa menemukan banyak spot wisata menarik di sini mulai dari wisata Instagramable atau wisata healing dengan pemandangan ciamik, yang dijamin bikin perjalananmu lebih bermakna.


Di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, terdapat sebuah sumur berukuran raksasa. Sumur ini bernama Sumur Jalatunda. Disebut raksasa karena sumur ini memiliki diameter sepanjang 90 meter.

Baca juga: Daftar Tempat Nongkrong Murah di Lumajang, Banyak Pilihan Menu Cocok Jadi Lokasi Healing!

Baca juga: Daftar Harga Massage di Delta SPA Bali Terupdate Tahun 2023 Lengkap Dengan Layanannya, Healing Maksimal Buatmu yang Lelah

Baca juga: Daftar Pantai Terdekat di Madiun Jawa Timur, Tempat Healing Paling Nikmat Bikin Hati Tenang!

Kedalaman sumur diperkirakan lebih dari 100 meter. Sumur Jalatunda yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara merupakan kepundan Gunung Prahu Tua yang meletus bersamaan dengan terbentuknya Dataran Tinggi Dieng.

Konon Sumur Jalatunda merupakan salah satu pintu ghaib menuju penguasa laut selatan. Jika ada yang mampu melempar batu hingga ke sisi di seberang, melintasi permukaan sumur, dipercaya permintaan orang tersebut akan terkabul.

“Jala” berarti jaring, sementara “tunda” berarti yang belum terlaksana. Jika diartikan, Sumur Jalatunda berarti sumur yang dapat menampung semua permintaan yang selama ini tertunda.

Ada beberapa cerita mengenai sumur ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumur ini merupakan pintu menuju Sapta Pratala (bumi lapis ketujuh). Sementara, terkait dengan Epos Mahabarata, sumur ini merupakan tapak tumit Bima ketika bertarung melawan naga raksasa.

Sumber:

UPDATE TERBARU