Sunday 19th of May 2024

Wilayah yang Termasuk Dalam Pemekaran Kabupaten Limapuluh Kota, Apakah Daerahmu Termasuk?

×

Wilayah yang Termasuk Dalam Pemekaran Kabupaten Limapuluh Kota, Apakah Daerahmu Termasuk?

--

ASCOMAXX.com - Sumatra Barat merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia karena berada pada jalur patahan Semangko, tepat di antara pertemuan dua lempeng benua besar, yaitu Eurasia dan Indo-Australia. Oleh karenanya, wilayah ini sering mengalami gempa bumi. 

Kesulitan dalam mendapatkan akses pelayanan publik menjadi permasalahan utama yang mendasari tuntutan masyarakat di bagian selatan Kabupaten Pesisir Selatan untuk melakukan pemekaran daerah.


Baca juga: Profil dan Biodata Tiroy Sitohang, Adik Judika yang Miliki Suara Emas Tak Kalah dengan Sang Kakak

Baca juga: Viral! Tiroy Sitohang Keyboardist yang Miliki Suara Emas Ternyata Adik Judika, Digadang Tandingi Suara Kakaknya

Baca juga: Profil dan Biodata Ajeng Viona Adelea, Pemain Voli Berbakat yang Tampil Hebat di Proliga 2023

Pemekaran wilayah ini berkaitan dengan pemerataan pembangunan serta keinginan beberapa kecamatan yang merasa dianaktirikan oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, yang kini menjadi induk wilayah yang diajukan untuk pemekaran.

Rencana Pemekaran Kabupaten Lima Puluh Kota: Aspirasi dan Harapan Warga Sumatera Barat tengah disurakan warga dan tokoh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk membentuk daerah otonomi baru (DOB) di wilayah tersebut. Berikut ini pembahasannya!

Namun, 7 dari 13 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan kabupaten baru hasil pemekaran. Kecamatan Guguk, Bukit Barisan, Mangka, Suliki, Kapur IX, Gunung Omeh, dan Pangkalan Koto Baru siap menyongsong perubahan ini.

Sumber:

UPDATE TERBARU