Saturday 8th of June 2024

Viral! Tweet Dab dan Poya Mothig Anies-Ganjar Bikin Penasaran, Ternyata Pakai Bahasa Gaul Walikan Yogyakarta

×

Viral! Tweet Dab dan Poya Mothig Anies-Ganjar Bikin Penasaran, Ternyata Pakai Bahasa Gaul Walikan Yogyakarta

--

Bahasa Jawa sendiri memiliki varian-varian gaulnya yang tetap relevan dan hidup di tengah masyarakat, termasuk di kalangan tokoh publik.

Baca juga: Kumpulan Foto-Foto Selebgram Zhafira Devi yang jadi Tersangka Pembunuhan Bayinya Sendiri


Baca juga: Ungkit Kasus Perselingkuhan, Alvian Hidayat Resmi Gugat Cerai Karina Dinda Lestari!

Baca juga: Sosok Sri Indah, Perempuan yang Bikin Enuh Nugraha Jadi ODGJ: Begini Kisahnya

Tweet Dab dan Poya Mothig Anies-Ganjar Viral Begini Artinya

Untuk kamu yang tidak familiar dengan bahasa walikan Yogyakarta, mungkin merasa kebingungan. Melalui kalimat yang ditulis Anies, kata 'daladh' memiliki arti 'makan'. Sedangkan 'dab' adalah bentuk slang dari kata 'mas'.

Jadi jika diterjemahkan, kalimat tersebut kurang lebih memiliki makna: "Selamat ulang tahun, Mas Ganjar Pranowo! Semoga sehat terus, kalau ada makan-makan bareng jangan lupa undang ya."

Tak mau ketinggalan beraksi, dalam ucapan ini Ganjar Pranowo pun membalas ucapan tersebut dengan gaya bahasa yang serupa.

"Maturnuwun Dab Anies Baswedan, sampeyan mugo-mugo sehat terus juga yo. Duh tanggal tua lagi poya mothig e, hahaha," balas Ganjar.

Kata 'Poya mothig' mungkin cukup asing bagi sebagian besar orang. Dalam bahasa Jawa walikan khas Yogyakarta, 'poya mothig' memiliki arti 'tidak punya duit'.

Diketahui bahwa Anies-Ganjar ini memiliki latar belakang pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yang mungkin menjadi salah satu alasan mereka memakai bahasa walikan dalam interaksi tersebut.

Adapun hingga berita ini dipublikasikan, Tweet tersebut ramai menuai berbagai tanggapan warganet. Jadi demikianlah update informasi yang bisa kami sampaikan untukmu pada kesempatan kali ini. 

Sumber:

UPDATE TERBARU