Sunday 16th of June 2024

9 Kecamatan yang Bergabung Kabupaten Agam Tuo dalam Rencana Pemekaran Wilayah

×

9 Kecamatan yang Bergabung Kabupaten Agam Tuo dalam Rencana Pemekaran Wilayah

--

Rencananya, Kabupaten Agam akan memekarkan diri menjadi sebuah kabupaten baru yang diberi nama "Kabupaten Agam Tuo." Wilayahnya diproyeksikan hanya mencakup luas 648 kilometer persegi, sekitar 20 persen dari luas wilayah Kabupaten Agam yang mencapai 2.265 kilometer persegi.

Baca juga: Kelurahan Melayu Rencana Bakal Lakukan Pemekaran di Sejumlah RT Karena Penduduk Padat, Pemerintah Masih Mempertimbangkan!


Baca juga: Keji! Wanita Hamil di Surabaya Dipaks Aborsi, Dianiaya 3 Lelaki dan Dibuang di Jembatan Suramadu!

Baca juga: Jadi ODGJ! Viral Enuh Nugraha Lulusan Teknik Kelautan ITB yang Terdampar di Jalanan Gegara Ditinggal Sang Kekasih

Jumlah tersebut hanya sekitar seperlima dari total wilayah Kabupaten Agam saat ini, yakni 2.265 kilometer persegi. Luas Wilayah Kabupaten Agam Tuo juga akan menjadi kabupaten terkecil di Sumbar.

Berbanding terbalik dengan luas wilayahnya, Kabupaten Agam Tuo akan memiliki jumlah penduduk sebanyak 290.448 jiwa. Jumlah ini bahkan mencapai 55 persen dari total penduduk Kabupaten Agam saat ini yang lebih dari 525 ribu jiwa.

Dalam rencana pemekaran ini, sembilan kecamatan di Kabupaten Agam dipilih untuk bergabung dengan Kabupaten Agam Tuo. Mereka adalah Kecamatan Kota Malalak, Matua, Tilatang Kamang, Banuhampu, Sungai Pua IV, Ampek Angkek, Baso, Canduang, dan Kamang Magek.

Untuk menopang kegiatan ekonomi dan pendidikan di wilayah baru ini, rencananya telah diputuskan bahwa Nagari Koto Tangah di Kecamatan Tilatang Kamang akan menjadi ibukota Kabupaten Agam Tuo.

Sumber:

UPDATE TERBARU